18.1.12

SAKITNYA SETENGAH

Hidup kayak gue ini gak enak banget. Semuanya setengah. Kenapa setengah?
Karena, gue dikasih talenta sama Tuhan tapi ga gue gunain baik". Padahal itu anugerah.
Tiap gue inget talenta, gue selalu inget sama cerita yang ada di alkitab tentang talenta yg intinya gini. Tuhan ngasih beberapa talenta sama orang, trus orang itu gunain talentanya dengan baik. Terus orang itu dapat talenta lagi 2x lipat dari yg dia dapat sebelumnya. Tapi, ada lg orang lain yg dikasih talenta sama Tuhan, tapi talentanya malah dikubur dan gak digunain. Alhasil, dia ga dapat apa". 
Nah, disini gue ngerasa jadi orang yg ngubur talenta gue. Dikasih talenta sama Tuhan dari kecil tapi sampe sebesar ini belum jadi apa". Coba liat orang lain. Dikasih talenta sama Tuhan dari kecil dan sekarang sebesar gue udah jadi 'orang' di talentanya. Lah gue? Semua serba setengah.

Gue dikasih Tuhan talenta tertarik sama musik waktu gue masih SD. Berawal dari keyboard kecil di rumah yg mama gue sering mainin. Asik liatnya. Suaranya bagus. Kayaknya jari" bermain hebat di atas tuts" itu sampe" bisa ngehasilin irama yang cantik.
Suatu sore gue mainin asal"an tu keyboard dengan volume 100. Tapi papa gue marahin gue karena udah bikin ribut. "Udah jelek, gede lg volumenya. Kecili!", kata papa gue dengan logat bataknya. Yaudah, semenjak itu, tiap kali gue mainin tu alat, pasti volumenya kecil. Ya paling ga suaranya nyampe ke telinga gue. Kalo ga gue maininya diem" waktu ga ada bokap nyokap gue di rumah. Mungkin ini suatu kepahitan #eaaaa.

Waktu gue SMP, gue didaftarin les organ sama mama gue di sekolah musik. Gue belajar di situ kurang lebih 2 tahun. Tapi, karna ga ada yg nganter jemput gue, dan karna gue males dan ga bisa baca not balok, gue putusin buat berenti les organ lagi. 
Gue pengen belajar piano. Karna nada irama musiknya lebih cantik dr keyboar ato organ. Jari" juga lebih lincah dan kayaknya 'Wah' 'Waw' 'Awsome' banget klo denger alunan piano itu gue denger. Tapi, kembali lg ke yg tadi. Not Balok. Gue males.
Eh ada 1 lagu yg bisa gue mainin pianonya. Lagu Thousand Milesnya Vannesa Carlton. Itu juga gue belajar dari tutorial youtube yg gue dapet.



Pas SMP tu juga gue sempet ngiringin musik di Sekolah Minggu di Gereja gue. Anggap aj cuma latian ngiringin. Di suruh suster kepala sekolah gue buat ngiringin musik drumband sekolah gue. Ngiringin ade gue nyanyi. Kebetulan ade gue yg ke 2 suka disuruh nyanyi juga.
Dan sampe detik ini gue cuma bisa mainin musik yg nada dasarnya C. Selebihnya dengan terpaksa gue transpose. Dan itu artinya gue bisa main organ dan keyboard cuma setengah.

Waktu gue kelas 3 SMP, ade yg nomor 2 beli gitar karna ada belajar musik di sekolahnya. Dari situ gue mulai penasaran ngejreng" gitar. Papa gue bisa maininya. Malahan waktu baru" beli gitar, papa gue pentas mendadak nyanyi lagu kebangsaannya. Lagu rayuan maut waktu lg pacaran sama mama gue. Gubrak dah. 
Nah, gue nyoba" ngejreng". Ngeliat ade gue yg udah bisa mainin lagu Kasih Ibu yg dia pelajarin di sekolahnya. Dalam hati gue waktu itu ya dia hebat. Trus gue minta diajarin ma dia. Dan akhirnya gue bisa kunci C dan G.
Trus suatu hari ade gue beli buku belajar otodidak main gitar. Isinya, panduan ngeletakin jari" di senar" gitar sesuai kunci. Contoh lagu dan chordnya. Gue pelajarin itu sampe hapal.
Dan sampe sekarang bisanya cuma kunci C, G, F, E, A, D, Am, Em, Dm, D7 (kalo ga salah itu aja). Miris banget kan? Gue belajar ngejreng dari ngeliat orang" di tivi, trus gue praktekin.
Bukannya nyombong, tapi kata guru les organ gue dulu ternyata bener. Ternyata gue punya feeling-insting yg lumayan lah (Thank God :)). Tapi ya itu, semuanya cuma setengah.


Di SMP, gue disayang sama guru Bahasa Inggris gue yg katanya gue 'agak' pinter di pelajaran itu. Nilai" bahasa inggris gue ngebantu nilai matematika, ipa, b.indo gue yg jeblok. Gue dilesin mama gue di LBIP LIA. Tapi berhubung gue ngelanjutin SMK di Banjarbaru, jadi gue stop les bahasa inggris. 
Di SMK bahasa inggris gue menurun, karena ga ada asupan dari luar. Tapi kata guru bahasa inggris di sekolah gue bilang kalo cara ngomong gue ya lumayanlah bisa jadi reporter VOA-Asia. HHA. kayaknya ga mungkin. 
Dan sampe sekarang, gue ga ngasah" lagi kemampuan gue itu semenjak gue ga khursus waktu gue SMP dulu. Yang artinya kemampuan gue berkurang.
Dan itu artinya semua cuma setengah".


Dan sekarang, gue lg doyan fotografi yang gue anggap itu kesempatan talenta yg dikasih Tuhan sama gue. Waktu desember 2010 kemaren gue mbujuk bokap gue buat dibeliin kamera. Dan ga lupa gue doa sama Tuhan semoga papa baik hatinya. Dan ternyata gue dibeliin :D Sejak itu gue bertekat buat belajar fotografi. Gue kuliah ngikutin UKM jurnalis buat belajar fotografi. Sekarang gue bisa nambah" duit jajan karna bisa foto dikit". 
Gue pengen belajar lebih lagi, tapi kadang bokap nyokap gue ngelarang. Gue bingung. Padahal kali ini gue gamau setengah" lagi.


Seseorang pernah bilang sama gue, nasihatin gue kalo apapun yang kita bisa kalo bisa jangan cuma setengah". Asah terus walopun pada saat itu hal itu ga terlalu penting ato ga terlalu berguna.


Tuhan, ketuklah hati mama papaku supaya apa yang ku lakuin buat ngasah kemampuan ku ini dikasih jalan ya Tuhan. Aku gamau setengah" lagi :"""

No comments:

Post a Comment