14.2.12

Valentine

Tadi pas bangun tidur, gue keinget kalo ini hari Valentine. Menurut gue sih ini tanggal yang cantik, karena tgl 14 : bulan 2 = 7 hari dalam seminggu. HHahaha apaan sih gue --___--"
Kebiasaan gue pas bangun tidur adalah, buka mata, ngulet sedikit, masukin tangan ke bawah bantal sambil ngeraba" nyari hp, buka twit. Dan gue ngeliat banyak sekali yg punya persepsi pendapat masing" tentang valentine. Ada yg bilang kalo valentine itu bukan budaya mereka lah, ada yg bilang kalo hari kasih sayang bukan cuma hari ini lah, ada yg bilang be my valentine lah, dan sebagainya. Ya karena gue juga manusia dan gue jg punya pendapat sendiri, jadi gue mau ngeluarin pendapat gue di sini, karna ini blog gue, dan suka" gue mau nulis apaan, HHAHAHa apaan banget sih gue -,,-

Yak, Val's day a.k.a Valentine's Day di dunia adalah Hari Kasih Sayang. Gue setuju sama orang" yg bilang kalo hari kasih sayang itu ga cuma hari ini (14/2).  Dari artikel" yg gue baca bisa disimpulkan (kalo ga salah) bahwa val's day ini adalah budaya bangsa Romawi yg asal usulnya berasal dari nama seorang Santo, yaitu St. Valentinus yg menjalankan tugasnya untuk memberkati pernikahan sepasang kekasih diam" di dalam penjara yg pada waktu itu pemimpin daerah situ melarang adanya pernikahan. Tapi ternyata kejadian itu diketahui oleh pemimpin daerah situ, dan menangkap St. Valentinus. Untungnya sepasang kekasih itu berhasil melarikan diri, tapi St. Valentinus tidak. Ia mendapat hukuman pancung. Tapi sehari sebelum ia dipancung, ia menyempatkan diri untuk menuliskan surat kpd anak sipir penjara yang bertuliskan "dari Valentinusmu". Dan saat itu ia dianggap martir dan berjasa dalam percintaan. Makanya 'mungkin' dr situ rakyat romawi pd saat itu menghargai ato menghormati jasa St. Valentinus ini. Kenapa jd tgl 14 Februari? Karena pada tanggal itulah St. Valentinus meninggal karena hukuman pancungnya.
Dan itu adalah budaya Roma. Gue jg gatau kenapa budaya itu nyangkot di Indonesia.

Gue jg ada baca dr komen" orang di social network ato kiriman broadcast message ttg sangkut pautnya hari Valentine dengan agama. Disitu di bilang kalo katanya di agama Muslim tidak diajarkan untuk merayakan Valentine. Ato ada jg yg bilang kalo Valentine tidak ada dalam hadist ato sebagainya. Perlu ditegaskan disini kalo di Kristen pun tidak ada diajarkan untuk merayakan Valentine, dan kata 'Valentine'pun ga ada dalam alkitab. Bukannya ini menyinggung ato apa (NO SARA), tapi ya menurut ku apa salahnya kan dipertegas ato ingin menjelaskan. Tapi ya itu tadi, Valentine adalah budaya romawi. Budaya, bukan bagian dari Agama. Temen" gue yg agama lain seperti Budha, Hindu jg ada yg saling tuker"an coklat waktu Valentine, tp itu bukan karena pengaruh agama, tapi karena pengaruh budaya luar yg masuk Indonesia.

Mengingat komenan org yg bilang kalo hari kasih sayang itu ga cuma hari ini aja, hmm, gue juga setuju. Tapi apa bedanya dengan Ibu? Hari Ibu dibelahan dunia di rayakan berbeda" tanggalnya dan bulannya. Kalo di Indonesia sih dirayain tgl 22 Desember kalo di luar negri gatau kapan. Nah, kita sayang sama ibu kita ga cuma tgl 22 Des aj kan? Kita bantu" ibu kita di dapur ga cuma pas hari Ibu aja kan? Tiap hari dan selamanya kita bakal sayang sama ibu kita. Tiap hari kita harus bantu" ibu kita di dapur ato bantu" pekerjaanya. Ga pas udah selese hari ibu trus kita jd durhaka lagi gitu sama ibu kita, NGGAK!

Ya sama. Hari Valentine memang tgl 14 Feb yg berasal dr kebudayaan asing. Tapi pada intinya hari kasih sayang itu setiap hari. Setiap hari kita sayang sama sesama kita. Sama kek hari Ibu. Hari Ibu tgl 22 Des yg tercipta dr forum wanita indonesia pd zaman dulu yg menetapkan bahwa tgl 22 Des adalah hari ibu.

Oke, perlu ditegaskan lagi kalo ini NO SARA ^^, gue cuma mau mengeluarkan unek" gue, pendapat gue di blog gue ini :) Maaf kalo ada yg menyinggung ato apa, tp beneran gue ga ada maksud :)

Dan sekarang gue bingung kenapa Val's day identik dengan tukeran coklat. Biasanya pada saat Val's Day (14 Feb) cewek" yg ngasih coklat sama cowok, dan sebulan kemudian 14 Maret yg disebut White Day, si cowoknya yg gantian ngasih coklat sama si cewek.

No comments:

Post a Comment